Menurut Undang-undang No. 25 tahun 1992 Pasal 4 dijelaskan bahwa koperasi
memiliki fungsi dan peranan antara lain yaitu mengembangkan potensi dan
kemampuan ekonomi anggota dan masyarakat, berupaya mempertinggi kualitas
kehidupan manusia, memperkokoh perekonomian rakyat, mengembangkan perekonomian
nasional, serta mengembangkan kreativitas dan jiwa berorganisasi bagi pelajar
bangsa.
Peran koperasi dalam memajukan perekonomian masyarakat dari dulu hingga
saat ini sangatlah banyak. Karena masyarakat dapat meminjam atau
berdagang pada koperasi tersebut. Bukan hanya itu saja peranan yang
dilakukan koperasi juga dapat membantu Negara untuk menggembangkan usaha kecil
yang ada dalam masyarakat.
- · Peranan Koperasi dalam berbagai bentuk pasar
Berdasarkan sifat dan bentuknya, pasar diklasifikasikan menjadi 2 macam :
1. Pasar dengan persaingan sempurna (perfect,competitive market).
2. Pasar dengan persaingan tak sempurna (imperfect competitive market)
, yaitu : Monopoli, Persaingan Monopolistik (monopolistic
competition), dan Oligopoli
·
Peranan koperasi dalam perekonomian Indonesia adalah :
- Alat pendemokrasi ekonomi
- Alat perjuangan ekonomi untuk mempertinggi kesejahteraan rakyat
- Membantu pemerintah dalam mengelola cabang-cabang produksi yang tidak menguasai hajat hidup orang banyak
- Sebagai soko guru perekonomian nasional Indonesia (tiang utama pembangunan ekonomi nasional)
- Membantu pemerintah dalam meletakkan fondasi perekonomian nasional yang kuat dengan menjalankan prinsip-prinsip koperasi Indonesia
- · Peran Koperasi diberbagai Keadaan Persaingan
A.
Di Pasar Persaingan Sempurna (perfect
competitive market)
Ciri-ciri pasar
persaingan sempurna :
- Adanya penjual
dan pembeli yang sangat banyak
. Produk yang
dijual perusahaan adalah sejenis (homogen)
. Perusahaan bebas
untuk masuk dan keluar
. Para pembeli dan
penjual memiliki informasi yang sempurna
B.
Di Pasar Monopolistik
-Banyak pejual
atau pengusaha dari suatu produk yang beragam
. Produk yang
dihasilkan tidak homogen
. Ada produk
substitusinya
. Keluar atau
masuk ke industri relatif mudah
. berbeda-beda
sesuai dengan keinginan penjualnya
C.
Di Pasar Monopsoni
-Disini ada penjual banyak tetapi hanya ada satu Pembeli.
-Disini ada penjual banyak tetapi hanya ada satu Pembeli.
D.
Di Pasar Oligopoli
Oligopoli adalah struktur pasar dimana hanya ada beberapa perusahaan(penjual) yang menguasai pasar Dua strategi dasar untuk Koperasi dalam pasar oligopoli yaitu strategi harga dan nonharga.
Oligopoli adalah struktur pasar dimana hanya ada beberapa perusahaan(penjual) yang menguasai pasar Dua strategi dasar untuk Koperasi dalam pasar oligopoli yaitu strategi harga dan nonharga.
Untuk menghindari
perang harga, perusahaan akan mengadakan product defferentiation dan memperluas
pasar dengan cara melakukan kegiatan advertensi,
membedakan mutu
dan bentuk produk.
• Penawaran Harga
yang bersifat Predator
• Price Leadership
REFERENSI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar